26 April 2019

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri

Perlu diketahui bahwa info bimtek pusdiklat pemendagri ini tidak jauh dari persoalan pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan melalui bimbingan teknis. Berikut penjelasan singkat pengertian bimtek dan diklat.

Pengertian bimbingan teknis (bimtek) adalah bimbingan atau pelatihan yang secara teknis dilakukan dengan memberikan materi sesuai dengan bidangnya. Biasanya bimtek dilakukan oleh lembaga resmi untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas sdm para peserta.

Misalkan bimtek untuk aparatur pemerintahan akan menerima materi seperti: Profesionalisme Aparatur, Kepemimpinan, Membangun Tim Kerja Efektif, Tata Pemerintahan yang Baik ,Teknik Komunikasi dalam Konteks Pelayanan Prima, Survey Indeks Kepuasan Masyarakat dan Penanganan Keluhan Pelanggan, dll.

Pengertian pendidikan dan pelatihan (diklat) adalah serangkaian kegiatan yang mengutamakan pengetahuan, keterampilan dan peningkatan sikap seseorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya dalam rangka pencapaian tujuan organisasi yang efektif dan efisien. Lembaga yang menangani pendidikan dan pelatihan pegawai umumnya disebut pusdiklat (Pusat pendidikan dan Pelatihan).

Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil Pasal 1 ayat (1) menjelaskan bahwa “Pendidikan dan pelatihan jabatan PNS adalah proses penyelenggaraan belajar mengajar dalam rangka meningkatkan kemampuan Pegawai Negeri Sipil (PNS)”.

Diklat sangat berperan dalam pengembangan karir PNS, terutama Diklat Dalam Jabatan yang tujuannya untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap PNS agar dapat melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan dengan sebaik-baiknya. Diklat Dalam Jabatan terdiri dari tiga jenis, yaitu: Diklat Kepemimpinan, Diklat Fungsional dan Diklat Teknis.

Sedangkan pengertian pemerintahan dalam negeri (pemendagri) adalah kekuasaan dari wilayah pemerintahan dari sebuah negara berdaulat untuk memegang kekuasaan dalam wilayah administratif miliknya sendiri yang didesentralisasikan dari pemerintah pusat.

Dengan demikian info Bimtek Pusdiklat Pemendagri dapat dimaknai sebagai informasi rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh pusat pendidikan dan pelatihan Pemerintahan dalam negeri yang mengutamakan pengetahuan, keterampilan dan peningkatan sikap seseorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya, melalui bimbingan dan latihan sesuai materi bidangnya.