14 September 2016

Aliran Filsafat Pendidikan

Filsafat telah mengalami perubahan-perubahan sepanjang masanya dalam suatu kegiatan atau aktivitas yang menempatkan pengetahuan atau kebijaksanaan sebagai sasaran utamanya. Demikian juga pada filsafat pendidikan. Ada beberapa aliran filsafat yang digunakan dalam dunia pendidikan.

1. Aliran Filsafat Idealisme

Aliran filsafat Idealisme menekankan moral dan realitas spiritual sebagai sumber-sumber utama di alam ini.

2. Aliran Filsafat Perenialisme.

Perennialisme berasal dari kata perennial yang dapat diartikan abadi, kekal atau fana (tiada akhir). Perenialisme berarti segala sesuatu yang ada sepanjang sejarah.

3. Aliran Filsafat Esensialisme.

Filsafat Esensialisme didasari oleh pemikiran filsafat idealisme Plato dan realisme Aristoteles memberikan dasar berpijak pada pendidikan yang penuh fleksibilitas, dimana serba terbuka untuk perubahan, toleran dan tidak ada keterkaitan dengan doktrin tertentu.

4. Aliran Filsafat Progresivisme.

Progresivisme disebut juga instrumentalisme, karena aliran ini beranggapan bahwa kemampuan intelejensi manusia sebagai alat untuk hidup, untuk mengembangkan kepribadian manusia.

5. Aliran Filsafat Pragmatisme

Aliran ini bersedia menerima apa saja, asalkan praktis. Pengalaman-pengalaman pribadi, mistik semua bisa diterima sebagai kebenaran dan dasar tindakan asal membawa akibat yang praktis yang bermanfaat. Dengan demikian dasar pragmatis adalah manfaat bagi hidup praktis.

Referensi Aliran-aliran Filsafat Pendidikan