05 April 2015

Martabak Paling Enak di Jakarta

Martabak Paling Enak di Jakarta dibuat dari bahan tepung terigu dan telur yang dimasak dalam loyang bundar. Setelah hampir matang, kue ini ditaburi dengan wijen sangrai dan gula pasir. Makanan ini disebut sebagai hok lo pan (kue orang Tionghoa yang dipanggang dalam loyang)

Nah Bagaimana dengan martabak Manis atau terang bulan yang juga enak itu? Konon asal kue Martabak Paling Enak di Jakarta ini pertama kali muncul pada akhir abad 19, di Sungailiat, Pulau Bangka. Waktu itu banyak pendatang orang Tionghoa yang merantau di Pulau Bangka, Belitung, dan Singkep. Salah satu dari pendatang Tionghoa tersebut membuat kue dari bahan adonan tepung terigu dan telur yang kemudian dipanggang dalam loyang besi berbentuk bundar. Setelah mengembang, kue itu kemudian ditaburi wijen dan gula pasir. Dan ternyata kue lezat itu cocok di lidah banyak orang.

Martabak manis (disebut terang bulan, mungkin karena bentuknya bulat seperti bulan purnama) dibuat dengan bahan-bahan dasar adonan tepug terigu, gula, telor, dan lain-lain. Kemudian dicetak menggunakan cetakan piring Seng. Kemudian dipanggang dan digoyangkan diatas bara api, arang kayu, maupun kompor minyak. Isi atau bumbu-bumbunya adalah olesan mentega/ margarine, susu, selai pepaya, selai nanas, meises, kacang dan lain-lain.


Martabak Pizza dengan tampilan sedikit berbeda dengan penjual martabak manis lainnya. Biasanya martabak manis dilipat namun ada yang tidak dilipat dibentuk seperti pizza dengan topping sangat padat. Keunikan ini semakin digemari oleh sebagian masyarakat pecinta kuliner jajanan manis ini Martabak Pizza