21 September 2022

Selayang Pertegasan tentang Keuangan Usaha Cafe

Selayang Pertegasan tentang Keuangan Usaha Cafe. Dalam management keuangan, suatu usaha ada yang dikatakan laporan aliran kas, laporan keuntungan rugi dan neraca. Termasuk dalam hal bisnis kafe. Arus Kas adalah neraca keuangan yang maknanya laporan dana kas perusahaan yang siap. Atau dapat juga disebutkan pendataan transaksi bisnis keuangan yang memakai uang cash.

Keuangan Kegiatan Cafe

Laporan Neraca sebagai laporan akunting yang lihat kesetimbangan asset upaya dengan keharusan sebagai tanggungan. Dalam laporan accounting untung rugi usaha cafe, ada sekian banyak soal berikut ini yang dikutip dari Kafe Kolong:

1. PENDAPATAN PENJUALAN

Hasil penghasilan ini dapat asal dari pemasaran produk pokok dari usaha itu atau pemasaran dari produk sambilan juga bisa diberi nama pemasaran lain. Dalam masalah ini usaha cafe, produk yang dijajakan yakni makanan dan minuman.

Bila terjadi pemasaran pada minuman dan makanan karenanya ditempatkan dalam pemasaran produk pokok. Sementara itu yang masuk pemasaran sambilan atau lainnya misalkan seperti merchandise atau pemasaran meja dan bangku.

2. HARGA POKOK PENJUALAN

Harga Dasar Pemasaran (HPP) yakni ongkos yang wajib dikeluarkan sebelumnya produk itu dipasarkan. Misalkan pembelian minuman sachet, gula pasir, bahan baku, es cream, gelas paket plastic, dan seterusnya.

3. BIAYA OPERASIONAL

Yang tergolong di sini ialah upah pekerja, administrasi usaha (nota penjualan), cost overhead (listrik dan air), ongkos penyusutan, cost dibayarkan diawal/ cost sewa bangunan, ongkos promo atau iklan,cost perawatan (bangunan, bangku,meja, dan interior) dan cost berlangganan (internet).

4. PERHITUNGAN BEP (BREAK EVENT POINT)

Umumnya orang menyampaikan kalau BEP atau titik impas yakni perolehan titik 0 di saat menanam investasi. Hingga diinginkan seusai titik 0 itu bisa mendapat keuntungan dan dihitung berdasar pada waktu bulan atau tahun.

Bila kita pengin perhitungkan BEP jadi riset untung rugi yang bisa memastikannya. Tetapi apabila ingin mengalkulasi tingkat pengembalian atas investasi kita (Return of Investment), jadi harus memerhatikan riset neraca usaha.

 

Selayang Pertegasan tentang Keuangan Usaha Cafe